Apakah anda seorang yang suka untuk mengembangkan atau membuat sebuah game? Tentunya anda akan mencoba untuk mencari tahu, apa saja yang dibutuhkan untuk membuat sebuah game. Salah satu hal terpenting dalam membuat game adalah coding game, dimana coding ini bisa anda lakukan dengan bantuan bahasa pemrograman.

Ada banyak sekali bahasa pemrgoraman yang sering digunakan untuk membuat game, dan memang semuanya berpotensi untuk membuat game. Namun, beberapa pembuat game memiliki kecocokan tersendiri pada program-program yang mereka gunakan. Apa saja program tersebut, berikut ini rangkuman lengkap ala jagoan kode.

  1. Bahasa pemrograman C++

Ini merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi, dimana banyak sekali developer yang menggunakannya dalam pembuatan game desktop. Seperti yang kita tahu, C++ merupakan bahasa pengembangan dari bahasa C. Namun memiliki beberapa konsep baru, seperti class dengan sifat inheritance dan juga overloading.

Salah satu game yang menggunakan bahasa pemrgoraman ini adalah Crysis 2 dan juga Crayon Physics Deluxe. Anda bisa mempelajari bahasa ini, dan pastikan anda membuat coding dengan teliti.

  1. Bahasa pemrograman C#

Bahasa pemrograman ini banyak mengadopsi syntax dari bahasa pemrgoraman C++, dan bahasa ini merupakan bahasa yang baru diciptakan oleh Microsoft. Anda bisa mendalami bahasa ini, pasalnya bahasa ini banyak digunakan para developer untuk membuat aplikasi maupun game. Beberapa game yang populer menggunakan unity3D dan C# adalah LiloCity milik Agate Studio.

  1. Bahasa pemrograman Java

Hampir seluruh jenis aplikasi maupun game bisa dibuat menggunakan bahasa pemrograman Java ini, mulai dari aplikasi komputer, gawai, game android dan masih banyak lagi. Orientasi bahasa pemrograman ini adalah Objek, atau biasa disebut dengan OOP-Object Oriented Programing.

Memang masih ada banyak sekali bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membuat sebuah game, namun ketiga bahasa diatas bisa menjadi referensi anda untuk menjadi jagoan code dalam dunia pembuatan game.

Itulah beberapa penjelasan mengenai bahasa pemrograman, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda untuk mengetahui referensi bahasa pemrograman.